Survei Voxpol Center: Prabowo Paling Dikenal Publik, Diikuti Sandiaga Uno dan Anies Baswedan 

Lembaga survei Voxpol Center mengungkapkanbahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi teratas sebagai calon presiden (capres) 2024 yang paling dikenal masyarakat. Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Prabowo mendapatkan suara sebesar 87,9 persen. Alasan tingginya persentase keterkenalan Prabowo pun disebut Pangi karena yang bersangkutan telah mengikuti beberapa kali Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Prabowo Subianto itu kita sudah tahu, cukup tinggi dikenalnya yaitu 87,9 persen. Karena beliau memang juga sudah tiga kali Pemilu," ujar Pangi, dalam rilis yang disiarkan daring, Sabtu (3/7/2021). Pangi mengatakan ruang bagi publik untuk mengenal Prabowo terbuka luas dengan ikutnya beliau dalam beberapa kali Pilpres. Dan keikutsertaan yang sering dalam pemilu, dinilai bagus bagi keterkenalkan publik.

"Saya baru 10 tahun atau 15 tahun mengikuti perkembangan Pilpres, beliau sudah tiga kali ikut Pemilu. Jadi ruang dikenal beliau juga mudah. Terlalu lama itu cukup bagus," kata dia. Urutan kedua yang paling dikenal responden adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan persentase 87,7 persen. Baru setelahnya ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (86,8 persen) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (79,6 persen).

"Lalu ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan persentase keterkenalan mencapai 76 persen, dan kemudian setelahnya Ketua DPR Puan Maharani 74,3 persen," jelas Pangi. Adapun survei tersebut dilakukan selama 10 hari dari 22 Juni hingga 1 Juli 2021 dengan menggunakan metode wawancara melalui telepon. Survei memanfaatkan data base 32.000 nomor handphone yang dimiliki Voxpol Center dan dibentuk dengan metode multistage random sampling.

Argin of error sebesar lebih kurang 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Terdapat 1.200 responden dengan proporsi 50:50 antara laki laki dan perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.