Bingung Memilih Pelatihan Kartu Prakerja? Ini 4 Tips agar Tak Menyesal

Tidak bisa dimungkiri, ada saja sebagian peserta yang sudah lolos seleksi Kartu Prakerja tapi bingung memilih pelatihannya. Boleh jadi salah satunya karena peserta yang lolos belum atau tidak mengetahui minat mereka. Di samping itu, penyebab lainnya mungkin karena peserta bingung menentukan pilihan lembaga mana tempat mendapatkan pelatihan.

Nah, kamu tidak perlu bingung karena melansir , PARAPUAN telah merangkum 4 tips memilih pelatihan Kartu Prakerja yang bisa langsung kamu coba. Yuk, simak! Ketika membandingkan, jangan lupa pula untuk mengecek rating dari pelatihan pelatihan pilihanmu dengan pelatihan lain. Siapa tahu dari rating dan ulasan dari pengguna lain dapat membuatmu menentukan pilihan dengan mudah tanpa membanding bandingkan lebih lama.

Pasalnya, proses pengecekan pun membutuhkan waktu sedangkan pelatihan pertamamu setelah lolos Kartu Prakerja dibatasi. Berikutnya, cek juga apakah pelatihan yang hendak kamu ikuti menyediakan sertifikat. Pasalnya, bisa jadi tidak semua lembaga menyediakan sertifikat online untuk para peserta.

Agar kamu mendapat sertifikat, pastikan kamu menuntaskan pelatihan dan mengikuti evaluasi. Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memilih pelatihan yang sesuai adalah membandingkan program di masing masing lembaga mitra Prakerja. Cek satu persatu lembaga yang menarik perhatianmu atau yang populer di Kartu Prakerja, paling tidak lima lembaga.

Bandingkan pelatihan apa saja yang dimiliki masing masing dan konten materi yang disediakan. Selanjutnya, bandingkan harga dengan durasi pelatihan serta keuntungan apa saja yang ditawarkan. Lihat pula persyaratan dari masing masing pelatihan dari sejumlah lembaga yang bersangkutan tersebut.

Saldo pertama yang kamu terima dari Kartu Prakerja adalah sebsar Rp1 juta, dan kamu bebas memilih. Untuk itu, ada baiknya kamu memanfaatkan saldo dengan baik dengan memilih pelatihan yang harganya bisa ter cover oleh Rp1 juta tersebut. Barangkali saja dengan mempertimbangkan hal ini, kamu bisa mengikuti dua atau tiga pelatihan sekaligus.

Mudah mudahan tips di atas membantumu memilih pelatihan Kartu Prakerja yang tepat, ya, Kawan Puan. (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.