Fakta-fakta Riwayat Penyakit Dorce Gamalama, Puluhan Tahun Diabetes, Kadar Gula Drop di Angka 38

Artis senior Dorce Gamalama masih menjalani perawatan intensif di RS Primaya Bekasi, Jumat (8/10/2021). Sebelumnya, Dorce dilarikan ke rumah sakit oleh pihak keluarga karena ditemukan tak sadarkan diri di kediamannya. Siti Khadijah, anak Dorce Gamalama, panik. Sebab, ibunya tak merespons ketika dibangunkan.

Bahkan cipratan air yang diarahkan ke wajah Dorce, sama sekali tak berpengaruh apa apa. "Enggak ada (keluhan sebelumnya), malah minta dibikinin makanan, tidur, katanya ngantuk. Begitu dibangunin untuk makan, enggak respons. Dikasih air, ditepuk tepuk juga enggak respons jadi kata dokter bawa aja langsung," cerita Siti Khadijah. Pihak keluarga kemudian berinisiatif menghubungi dokter yang menangani Dorce sebelumnya hingga akhirnya dilarikan ke RS Primaya Bekasi.

Sari, manajer Dorce, menyebut sang artis memiliki riwayat penyakit diabetes. Ia tak bisa memperkirakan secara pasti sejak kapan penyakit itu menggerogoti tubuh Dorce. "Memang sudah cukup lama mengidap diabetes, sudah sekitar 15 20 tahunlah," kata Sari, saat ditemui di RS Primaya, Bekasi, Jumat (8/10/2021).

Namun, menurut dia, baru kali ini Dorce ditemukan sampai tak sadarkan diri hingga membuat panik sekeluarga. Pihak keluarga uuntungnya sigap melarikan Dorce ke RS Primaya yang lokasinya tak jauh dari rumah. Tiba di rumah sakit, Dorce langsung ditempatkan di UGD rumah sakit. Saat diperiksa, kadar gulanya sangat rendah, cuma 38. Sementara tensinya 21.

"Dokter ambil tindakan dan kemudian semuanya naik," kata Hetty, seorang kerabat. Setelah mendapat tindakan dari tim medis, ia sempat sadar. Namun kondisinya membuat keluarga prihatin. Demikian dikatakan Hetty mengenai kondisi Dorce kala itu.

Bahkan ia sendiri enggan menggambarkan bagaimana situasi saat sang artis mulai sadar. Kondisinya seakan memburuk. "Ada sedikit meronta dan gelisah bunda Dorce. Kami tanyakan ke dokter, ya dokter bilang sudah menangani semuanya," ucap Hetty. Dorce langsung menerima tindakan rekam jantung, pemasangan infus untuk gula, dan dipasang cateter.

"Tapi beruntungnya dokter langsung cepat melakukan tindakan ke Bunda Dorce, dengan langsung dibawa ke UGD dan dipindahkan ke ICU," tambahnya. Dorce Gamalama sudah tiga kali masuk rumah sakit dalam waktu dekat ini. Bahkan sebelum ini, Dorce juga jalani rawat inap dan diopname. "Kalau yang ini sudah dua kali dari jarak yang sangat dekat, tapi dari sebelumnya itu kayaknya dari beberapa bulan yang lalu itu dimasukin (Rumah Sakit) Mitra Keluarga. Nah ini benar benar jaraknya tiga kalilah ya," tutur Siti Khadijah.

Siti Khadijah menyebut kondisi ibunya belakangan ini memang sudah sangat menurun dan tidak lagi fit seperti biasanya. "Kondisi mamah tuh selama ini lemas dan keliyengan. Karena kalau gula katanya gitu," ucap Khadijah. Dorce juga merasakan sakit di bagian tempurung kakinya dan sempat fisioterapi.

"Cuma karena memang semangatnya tinggi, enggak pernah ngeluh, dan gak mau ngerepotin orang lain," jelas Marina keluarga Dorce Gamalama. Karena punya riwayat diabetes, Dorce Gamalama tampaknya disarankan harus menjaga pola makannya. Dengan kata lain tidak lagi boleh menyantap makanan sembarangan. Makanya, tubuh Dorce terlihat makin kurus.

"Badannya juga kurus banget," kata Hetty. Setelah menjalani perawatan intensif, Kondisi Dorce kini lebih stabil. Bahkan mulai memberikan respons. "Tadi sih pas ditengok ada respons tapi masih karena pengaruh obat. Jadi masih lemas gitu," tutur Siti Khadijah.

Perihal penyakit sang ibu, Siti Khadijah masih belum bisa memberikan banyak keterangan karena dokter masih melakukan observasi. Namun, menurut Siti Khadijah, Dorce Gamalama memiliki riwayat penyakit diabetes. "Kita tanya kenapa kira kira bisa begini, cuma kata dokter belum bisa pastiin karena masih dicek yang lain lainnya. Jadi belum kasih keputusan yang bulat," ucap Siti Khadijah.

Kemudian, Dorce Gamalama dikatakan sudah tidak menggunakan ventilator atau alat bantu pernapasan. Sebaliknya, masih diinfus dan menggunakan kateter. Dorce Gamalama sudah cukup lama memiliki riwayat diabetes. Bahkan ia semestinya rutin minum obat untuk mengendalikan gula dalam darahnya. Namun, ia selalu merasa sehat sehingga malas minum obat.

"Mama memang agak susah untuk disuruh konsumsi obat karena mama selalu bilang kalau dia selalu sehat," ujar Siti Khadijah. Dan belakangan ini kondisinya menurun. Bahkan ini merupakan kali ketiga Dorce menjalani perawatan di rumah sakit dalam waktu dekat. Puncaknya, kemarin saat Dorce ditemukan tak sadarkan diri di kediamannya.

Saat tak sadarkan diri, Dorce ternyata baru saja pulang dari rumah sakit. Ia belum sampai 24 jam berada di rumah. Meski sudah diperbolehkan pulang, saat itu dokter masih memastikan Dorce dalam pantauannya. Kini, presenter yang biasa dipanggil Bunda Dorce itu sudah mulai bisa memberikan respons.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.